Minggu, 01 Januari 2012

Beberapa sejarah internet di dunia

  1. 1957 - USSR meluncurkan satelit pertama di dunia, Sputnik. Dan sebagai responnya, pihak US membentuk sebuah badan yang diberi nama Advanced Research Projects Agency (ARPA). Badan ini berada di bawah Departemen Keamanan US, atau Department of Defense (DoD).
  2. 1961 - Leonard Kleinrock dari MIT, mempublikasikan "Information Flow in Large Communication Nets" yang menteorikan packet-switching (PS).
  3. 1962 - J.C.R. Licklider & W. Clark juga dari MIT, mempublikasikan idenya mengenai komputer masa depan dalam "On-Line Man Computer Communication".
  4. 1964 - Paul Baran, kali ini dari RAND, mempublikasikan "On Distributed Communications Networks" yang mengkonsepkan sebuah sistem pendistribusian data melalui network atau jaringan.
  5. 1965 - ARPA mensponsori sebuah penelitian yang berjudul "cooperative network of time-sharing computers". Penelitian tersebut melakukan uji coba untuk menghubungkan komputer ARPA dengan computer TX-2 yang berada di MIT Lincoln Lab menggunakan saluran telephone berkecepatan 1200bps.
  6. 1966 - Lawrence G. Roberts, MIT mempublikasikan "Towards a Cooperative Network of Time-Shared Computers" yang menjadi master plan ARPA yang pertama.
  7. 1967 - Pada bulan April, Tim pendesign ARPANET mulai mendiskusikan konsep yang dibuat Larry Roberts. Dan pada bulan Oktober ACM, mengadakan simposium mengenai Operating Systems Principles di Gatlinburg, Tennessee. Dari situ dihasilkan sebuah publikasi yang berjudul "Multiple Computer Networks and Intercomputer Communication" oleh Larry Roberts.
  8. 1968 - Bolt Beranek and Newman, Inc. (BBN) mendapat penghargaan atas pembuatan Packet Switching nya, dan mendapat kontrak untuk membangun Interface Message Processors (IMPs).
  9. 1969 - Oleh DoD, ARPANET dibentuk menjadi sebuah komisi yang bertujuan untuk meneliti dunia networking. Pada tahun ini juga beberapa node mulai dibangun dan dihubungkan. Yang pertama berada di UCLA, mulai terhubung pada 2 September.
  10. 1970 - C.S. Carr, S. Crocker, dan V.G. Cerf, pertama kali mempublikasikan protokol-protokol yang digunakan pada host-host dari ARPANET. Di tahun ini juga ALOHAnet, packet radio network yang dibangun oleh Norman Abramson dari Univ of Hawaii, mulai beroperasi.
  11. 1971 - Jumlah hosts ARPANET bertambah menjadi 15 buah. Yaitu, di UCLA, SRI, UCSB, University of Utah, BBN, MIT, RAND, SDC, Harvard, Lincoln Lab, Stanford, UIU©, CWRU, CMU, NASA/Ames. Ditahun ini juga, BBN mulai menggunakan the cheaper Honeywell 316 pada IMPs-nya.
  12. 1972 - Ray Tomlinson (BBN) memodifikasi program email yang dibuat ARPANET agar berfungsi lebih cepat. Pada saat itu pula, simbol @ (at) mulai populer. Dan ditahun itu juga, Larry Roberts membuat program email management-nya yang pertama.
  13. 1973 - ARPANET go internasional dengan terhubungnya server yang berada di University College of London, Inggris. Sementara itu, Bob Metcalfe's mendapat gelar PhD dari Harvard untuk tesisnya yang mengkonsepkan Ethernet.
  14. 1974 - Vint Cerf and Bob Kahn mempublikasikan "A Protocol for Packet Network Interconnection" yang menspesifikasikan secara detil mengenai Transmission Control Program (TCP). Di tahun yang sama, Telenet - versi komersial dari ARPAnet mulai di perkenalkan kepada publik.
  15. 1975 - Manajemen operasional dari internet di pindahkan ke DCA, yang sekarang menjadi DISA. Tahun ini menjadi saksi terbentuknya mailing list yang pertama, MsgGroup. Di buat oleh Steve Walker. Tapi fungsi moderator akhirnya diambil alih oleh Einar Stefferud. Kasian deh si Steve.
  16. 1976 - Ratu Elizabeth II meresmikan the Royal Signals and Radar Establishment (RSRE) yang berpusat di Malvern. Setahun kemudian UUCP (Unix-to-Unix CoPy) mulai dikembangkan di AT&T Bell Labs, dan kemudian di distribusikan bersama UNIX.
  17. 1977 - THEORYNET di buat oleh Larry Landweber, yang berpusat di University of Wisconsin. Di tahun ini, RFC 733 yang berisi Mail specification, di publikasikan. Tahun ini menjadi saksi dari demontrasi pertama ARPANET/SF Bay Packet Radio Net/Atlantic SATNET yang mengoperasikan internet protocol dengan supply gateway dari BBN.
  18. 1978 - TCP di pecah menjadi TCP dan IP.
  19. 1979 - Terjadi meeting yang dilakukan oleh University of Wisconsin, DARPA, National Science Foundation (NSF), dan para peneliti di bidang komputer. Meeting ini menjadi awal berdirinya Computer Science Department yang dipimpin oleh Larry Landweber, yang bertujuan untuk melakukan berbagai penelitian seputar jaringan komputer.
  20. 1980 - Tanggal 27 September menjadi tanggal bersejarah saat ARPANET di hentikan sementara. Tindakan ini diambil menyusul terjadinya insiden yang mempropagandakan adanya pesan berisi virus.
  21. 1981 - Tahun ini menjadi awal bagi BITNET, the "Because It's Time NETwork." Dibuat dengan tujuan antara lain: sebagai cooperative network yang berpusat di the City University of New York, menyediakan electronic mail dan listserv servers untuk menyebarkan informasi dan melakukan tranfer file.
  22. 1982 - Di tahun ini, Norway mulai meninggalkan network untuk menjadi Internet connection via TCP/IP melalui SATNET. UCL kemudian melakukan hal yang sama.
  23. 1983 - Name server mulai dikembangkan di University of Wisconsin. Name server memberikan kemudahan kepada user, hingga mereka tidak perlu mengetahui secara tepat mengenai jalur untuk mengakses system lain.
  24. 1984 - DNS atau Domain Name System pertama kali diperkenalkan di tahun ini. Di tahun ini pula, lebih dari 1.000 hosts telah terhubung ke internet. JUNET (Japan Unix Network) mulai bergabung. Di tahun ini pula, JANET (Joint Academic Network) yang berpusat di Inggris, mulai didirikan.
  25. 1985 - Whole Earth 'Lectronic Link (WELL) di mulai di tahun ini. Information Sciences Institute (ISI) yang berpusat di USC, diberi tanggung jawab untuk menjadi DNS root management, dan SRI untuk DNS NIC registrations, oleh DCA.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar