Rabu, 11 Januari 2012

Industri Internet Rusia Berjaya di Lokal, Facebook Pun Gerak Cepat

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW--Industri teknologi Rusia siap bangkit. Begitulah perkembangan setelah aktivitas berkaitan teknologi canggih negara itu surut bersamaan dengan runtuhnya Sovyet dan berakhirnya perang dingin.

Tapi, ini bukan soal senjata. Sesuai tren terkini, teknologi itu tak lepas dari internet. Salah satunya, mesin pencari Rusia, Yandex, yang sukses mengungguli Google di negara itu untuk menjadi yang populer.

"Masalah bahasa mungkin jadi alasan utama. Tapi alasan yang lebih besar lagi adalah perkembangan teknologi Rusia sangat bagus  tak berbeda jauh atau bahkan terlihat serupa dengan perusahaan AS. Yandeks berhasil mengungguli Google karena kualitas pencarian dan layanan lain," papar Arkady Volozh, CEO Yandex seperti dikutip dari Telegraph, pekan lalu.

Selain Yandex ada pula  Mail.ru, layanan surat elektronik terpopuler di negara beruang merah itu, Mail.ru. Menurut sang CEO, Dmitry Grishin, yang juga memiliki pemilik dua laman jejaring sosial tandingan Facebook, mengatakan pasar Rusia begitu besar untuk dikuasai satu pihak.

Menurut dia, pemain lokal memiliki keuntungan berupa kemampuan bahasa Rusia serta teknik yang menyertainya. "Di Mail.ru kami fokus pada pemgembangan pasar lokal. Rusia kini merupakan pasar terbesar di dunia dengan sepertiga populasi yang mengakses internet," ungkap dia.

Gejala perkembangan industri teknologi Rusia telah terendus oleh pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Bahkan ia telah menjadikan Rusia sebagai sasaran utama ekspansi Facebook di 2011.

Zuckerberg rupanya cukup tercengang dengan peningkatan dua kali lipat pelanggan Facebook di Rusia. Fakta itu diperkut dengan pembangunan taman teknologi di pinggiran Moscow yang sudah siap digunakan.

Annelies van den Belt, CEO, perusahaan media online mengatakan duet perusahaan AS dengan Rusia merupakan kunci sukses pengembangan industri teknologi negeri beruang merah. "Kami memposisikan diri sebagai perusahaan internasional, melihat keluar dan kedalam, dengan kantor pusat yang berada di Moskow. Jadi, kami memprioritaskan kerjasa dengan Facebook dan Mail.ru. Facebook akan sukses di Rusia, kerena itulah penting bagi perusahaan Rusia untuk bekerja sama dengannya ketika memasuki pasar Rusia."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar