Senin, 02 Januari 2012

Mengapa manajemen bisnis internet itu penting?

Mengapa manajemen bisnis internet itu penting?

Beberapa alasannya sudah saya singgung beberapa di awal tadi. Namun untuk lebih memperjelas, berikut alasan mengapa manajemen bisnis itu penting bagi anda.
  1. Agar bisnis lebih teratur dan terencana. Manajemen sesuai artinya yaitu ilmu untuk mengatur, berarti dengan menerapkan manajemen bisnis gerak langkah bisnis anda bisa lebih teratur dan terencana. Tidak serampangan atau tanpa arah yang jelas.
  2. Anda perlu sistem bisnis yang solid. Adakah bisnis yang tak dibangun dengan sistem? Semua bisnis besar dibangun dengan menggunakan sistem. Sedari kecil bisnis berjalan, pemilik bisnis memikirkan sistem bisnis yang tepat bagi bisnisnya. Sampai kemudian bisnis itu semakin besar dan besar.
  3. Membangun kredibilitas bisnis. Semua pebisnis hebat punya kredibilitas dan kompetensi yang tidak diragukan lagi. Nama mereka mentereng dan disebut-sebut banyak orang karena kepiawaiannya mengelola bisnis. Untuk mengelolanya, jelas dibutuhkan manajemen bisnis yang handal.
  4. Menangkap peluang baru lebih cepat. Dengan manajemen bisnis yang tepat, anda bisa menangkap banyak peluang bisnis baru lebih cepat. Sebab sistem anda sudah berjalan dengan pola yang berdasar pengujian yang anda lakukan, merupakan yang terbaik.
  5. Sehebat-hebatnya Superman, tetap lebih hebat super team. Betul, anda bisa jalankan bisnis internet seorang diri. Mungkin anda pintar, mungkin anda bisa banyak hal, namun kalau anda ingin berbisnis yang terbaik anda harus libatkan orang lain. Sebab tak mungkin anda jalankan semuanya seorang diri. Ada hal yang jauh lebih penting yaitu memikirkan strategi memperbesar bisnis anda, anda mulai belajar bagaimana cara mengelola orang, bagaimana mengeksekusi keputusan, dan banyak hal fundamental bisnis lainnya yang mesti anda lakukan.
    Untuk awal, tidak masalah anda jalankan sendiri. Namun saat bisnis anda sudah mulai berjalan, lakukan delegasi agar bisnis anda berkembang.
Ruang lingkup manajemen bisnis memang amat luas. Banyak hal yang harus di-manage agar bisnis lancar. Dari manajemen strategis, manajemen marketing, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen keuangan, sampai manajemen teknologi informasi.
Namun biar tidak terlalu pusing karena istilah-istilah yang bisa bikin kening berkerut, bagi anda pebisnis internet bisa lakukan manajemen bisnis internet yang sederhana seperti berikut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar