Rabu, 11 Januari 2012

Cara Menjadi Seorang Internet Marketer Yang Handal

Internet Marketer adalah seseorang  yang melakukan pekerjaan Internet Marketing dengan melakukan berbagai hal untuk mengoptimalkan situs web sehingga bisa mendapatkan pengunjung dan traffic yang tinggi dari mesin pencari (Search Engine).
Jika Anda berpikir bahwa Internet Marketer adalah orang-orang yang menambahkan kata kunci ke situs web agar dilihat oleh mesin pencari, hal tersebut masih belum sepenuhnya benar. Internet Marketing secara keseluruhan, melibatkan berbagai keterampilan yang harus dipelajari dalam hitungan tahun atau bahkan puluhan tahun untuk dapat benar-benar menguasainya secara baik dan benar. Hal yang baru saja Saya pelajari bahwa ada begitu banyak potongan puzzle yang harus dilengkapi dan jika satu hal saja salah, maka hasilnya akan mempengaruhi seluruh kampanye pemasaran yang dilakukan.
Lalu apa saja sih keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang Internet Marketer itu?

Riset / Analisis

Pekerjaan Internet Marketer tidak akan bisa berhasil kecuali Anda dapat melakukan penelitian kata kunci yang mendalam, analisis pesaing dan riset pasar. Tanpa usaha ini maka usaha yang Anda lakukan akan gagal.

Kepribadian / Karakter

Meskipun pekerjaan dilakukan melalui internet, Internet Marketer masih perlu memiliki kepribadian. Semua Internet Marketer terbaik memiliki satu kesamaan, mereka semua adalah pendongeng besar.  Menceritakan sebuah cerita, kemudian dikombinasikan dengan kepribadian yang positif sehingga bisa menjual apa saja.

Keterampilan Teknis

Seorang Internet Marketer memang tidak perlu untuk menjadi seorang programmer, tetapi Internet Marketer sebaiknya memiliki pemahaman ketrampilan teknis untuk bisa membantu dalam melaksanakan strategi pemasaran. Termasuk bekerja dengan WordPress (themes, plugin) , berbagai CMS atau Shopping Cart, mampu mengedit HTML (meta tag, anchor text, dll), sitemap xml, file robots.txt, dan lain-lainnya.

Copywriting

Mungkin aspek yang paling mendasar di dalam Internet Marketing adalah cara melakukan copy yang bagus (GREAT COPY). Mampu memahami pasar, target audience, memicu psikologis, unik, kekuatan story telling, judul yang menarik dan panggilan kepada web surfer untuk dapat melakukan suatu tindakan pada suatu produk.
Copywriter yang hebat juga memahami perbedaan antara copy blog, menyalin website, menyalin whitepaper, dll. Konten Anda akan menjadi dasar dari strategi sehingga Anda harus bisa menulis konten blog dengan mudah. Supaya blogger bisa datang dengan KONSISTEN, maka Anda harus dapat memilih topik konten dan judul  yang menarik, serta dapat menulis 300-600 kata-kata di bawah satu jam (biasanya).

Link Building

Membangun backlink merupakan komponen terbesar yang tidak boleh terlewatkan jika Anda ingin mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari. Taktik membangun backlink bisa dilakukan dengan cara-cara seperti pemasaran artikel, siaran pers (press release), bloggy walking, directory submit, sindikasi blog, RSS feed, social bookmark, ping, dan lainnya.

Traffic Generation

Terlepas dari seberapa baik konten Anda, jika Anda tidak dapat mengarahkan lalu lintas, tidak ada orang yang akan membacanya. Internet Marketer handal mampu melakukan penelitian dimana target pasar mereka nongkrong dan bagaimana memanfaatkannya untuk mengarahkan lalu lintas ke situs mereka. Ada baiknya seorang Internet Marketer terlibat dalam hal lainnya seperti keterlibatan dalam forum, sosial media, distribusi artikel, long-tail konten blog, paid search, SEO, dan lainnya.

Keterampilan On-Page SEO

Internet Marketer tidak perlu menjadi seorang “Ahli SEO ” atau apapun itu, tetapi yang paling penting mereka harus menyadari dasar-dasar inti dari SEO. Hal-hal seperti tag Judul, Meta tag, tag H, menghubungkan hirarki website internal, dan konten teratur, semua ini adalah aspek penting dari SEO yang baik.

Paid Search

Paid Search bisa menjadi strategi pemasaran yang sangat menguntungkan, jika Anda memahami cara memaksimalkan dolar dari iklan Anda.

Keterampilan Social Media

Tidak dapat disangkal lagi bahwa Twitter dan Facebook dapat mendorong jumlah lalu lintas, sehingga Internet Marketer handal harus dapat mengetahui bagaimana kerja dari jaringan tersebut dan bagaimana dapat memanfaatkan jaringan media sosial tersebut.

Optimasi Konversi

Elemen grafis seperti tombol, layout, font, warna dan hal-hal lain dapat mempengaruhi tingkat konversi Anda. Menggunakan alat-alat seperti Google Website Optimizer dan ClickTale untuk mempelajari bagaimana pengguna terlibat dengan situs web Anda dan konten, sangat penting untuk meningkatkan konversi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar