Jika Anda berpikir bahwa Internet Marketer adalah orang-orang yang menambahkan kata kunci ke situs web agar dilihat oleh mesin pencari, hal tersebut masih belum sepenuhnya benar. Internet Marketing secara keseluruhan, melibatkan berbagai keterampilan yang harus dipelajari dalam hitungan tahun atau bahkan puluhan tahun untuk dapat benar-benar menguasainya secara baik dan benar. Hal yang baru saja Saya pelajari bahwa ada begitu banyak potongan puzzle yang harus dilengkapi dan jika satu hal saja salah, maka hasilnya akan mempengaruhi seluruh kampanye pemasaran yang dilakukan.
Lalu apa saja sih keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang Internet Marketer itu?
Riset / Analisis
Pekerjaan Internet Marketer tidak akan bisa berhasil kecuali Anda dapat melakukan penelitian kata kunci yang mendalam, analisis pesaing dan riset pasar. Tanpa usaha ini maka usaha yang Anda lakukan akan gagal.Kepribadian / Karakter
Meskipun pekerjaan dilakukan melalui internet, Internet Marketer masih perlu memiliki kepribadian. Semua Internet Marketer terbaik memiliki satu kesamaan, mereka semua adalah pendongeng besar. Menceritakan sebuah cerita, kemudian dikombinasikan dengan kepribadian yang positif sehingga bisa menjual apa saja.Keterampilan Teknis
Seorang Internet Marketer memang tidak perlu untuk menjadi seorang programmer, tetapi Internet Marketer sebaiknya memiliki pemahaman ketrampilan teknis untuk bisa membantu dalam melaksanakan strategi pemasaran. Termasuk bekerja dengan WordPress (themes, plugin) , berbagai CMS atau Shopping Cart, mampu mengedit HTML (meta tag, anchor text, dll), sitemap xml, file robots.txt, dan lain-lainnya.Copywriting
Mungkin aspek yang paling mendasar di dalam Internet Marketing adalah cara melakukan copy yang bagus (GREAT COPY). Mampu memahami pasar, target audience, memicu psikologis, unik, kekuatan story telling, judul yang menarik dan panggilan kepada web surfer untuk dapat melakukan suatu tindakan pada suatu produk.Copywriter yang hebat juga memahami perbedaan antara copy blog, menyalin website, menyalin whitepaper, dll. Konten Anda akan menjadi dasar dari strategi sehingga Anda harus bisa menulis konten blog dengan mudah. Supaya blogger bisa datang dengan KONSISTEN, maka Anda harus dapat memilih topik konten dan judul yang menarik, serta dapat menulis 300-600 kata-kata di bawah satu jam (biasanya).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar